Ketika Fakta Beradu Dengan Teori

Sekilas Tentang Pembentukan Koperasi

       Seperti yang kita ketahui, koperasi telah lama menjadi icon di Indonesia. Dengan iming-iming memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, koperasi hingga saat ini berhasil hidup sesuai dengan tujuannya. Untuk mengetahui lebih dalam, tentu pada awalnya kita harus tau bagaimana cara untuk membentuk koperasi itu sendiri. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi mengenai pembentukan koperasi, silahkan di copy, dengan catatam tidak lupa untuk mencarirefrensi lainnya baik buku maupun melalui website lain. Indahnya berbagi🙂

Dasar Hukum Pembentukan Koperasi

A.PERSYARATAN PEMBENTUKAN KOPERASI

UU No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, yaitu pasal 6 sampai dengan pasal 8 menyebutkan bahwa :

  1.  Persyaratan pembentukan koperasi di dasarkan atas   bentuk koperasi yang dibentuk,yaitu koperasi primer atau sekunder.
  2. Untuk persyaratan pembentukan koperasi primer memerlukan minimal 20 orang anggota. Untuk persyaratan pembentukan koperasi sekunder memerlukan minimal 3 koperasi yang telah berbadan hukum.
  3. Koperasi yang dibentuk harus berkedudukan di wilayah Republik Indonesia.
  4. Untuk pembentukan koperasi dilakukan dengan akta pendirian yang memuat Anggaran Dasar.
  5. Anggaran dasar koperasi harus memuat sekurang-kurangnya:
    1. Daftar nama pendiri
    2. Nama dan tempat kedudukan
    3. Maksud dan tujuan serta bidang usaha
    4. Ketentuan mengenai keanggotaan
    5. Ketentuan mengenai Rapat anggota
    6. Ketentuan mengenai pengelolaan
    7. Ketentuan mengenai permodalan
    8. Ketentuan mengenai jangka waktu berdirinya
    9. Ketentuan mengenai pembagian sisa hasil usaha
    10. Ketentuan mengenai sanksi.

Syarat dan Tata Cara Pembentukan Koperasi

Tata cara mendirikan koperasi dikeluarkan oleh Depkop, Pengusaha Kecil dan Menengah tahun 1998, langkah-langkahnya adalah :

  1. Dasar pembentukan koperasi, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

a)      Orang-orang yang mendirikan harus mempunyai kepentingan ekonomi yang sama.

b)      Usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi harus layak secara ekonomi.

c)      Modal sendiri harus cukup tersedia untuk mendukung kegiatan usaha tanpa menutup kemungkinan memperoleh bantuan, fasilitas dan pinjaman dari luar.

d)     Kepengurusan dan manajemen disesuaikan dengan kegiatan usaha yang akan dilaksanakan agar tercapai efisiensi dalam pengelolaan koperasi.

2. Persiapan Pembentukan Koperasi

a)      Pembentukan koperasi harus dipersiapkan dengan matang oleh para pendiri.

b)      Yang dimaksud dengan pendiri adalah mereka ysng hadir dalam rapat pembentukan koperasi yang telah memenuhi persyaratan keanggotaan serta menyatakan diri menjadi anggota.

c)      Para pendiri mempersipakan rapat pembentukan dengan cara antara lain penyusunan anggaran dasar dan anggaran RT.

  1. Rapat Pembentukan

a)      Rapat anggota koperasi dihadiri oleh sekurang-kurangnya 20 orang untuk kop. Primer dan sekurang-kurangnya 3 orang untuk Kop.Sekunder.

b)      Rapat pembentukan dipimpin oleh seseorang/beberapa pendiri atau kuasa pendiri.

c)      Kuasa pendiri adalah beberapa orang dari pendiri yang diberi kuasa dan sekaligus ditunjuk oleh pendiri untuk pertama kalinya sebagai pengurus koperasi untuk memperoses pengajuan permintaan pengesahan akta pendirian kop. Dan menandatangani anggaran dasar koperasi.

d)     Apabila diperlukan dabn atas permohonan para pendiri, pejabat Dep.kopPKM dapat hadir dalam rapat pembentukan utk membantu kelancaran jalanya rapat dan membrikan petunjuk-petunjuk seperlunya.

e)      Dalam rapat pembentukan tersebut perlu dibahas antara lain mengenai keanggotaan, usaha yang dijalankan, modal sendiri, kepengurusan dan pengelolaan usaha serta pengurusan anggaran dasar/anggaran RT.

f)       Anggaran dasar harus memuat sekurang-kurangnya : daftar nama hadir, nama dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan serta bidang usahanya, ketentuan mengenai keanggotaan, rapat anggota, pengelolaan, permodalan, jika waktu berdirinya, pembagian SHU dan ketentuan mengenai sanksi.

g)      Rapat harus mengambil kesepakatan dan keputusan terhadap hal-hal sebagaimana dimaksud pada butir c dan e dan wajib membuat berita acara rapat pembentukan koperasi.

Tingkatan Koperasi dan Daerah Kerja Koperasi

  1. Koperasi Primer sekurang-kurangnya dibentuk oleh 20 orang yang masing-masing  memenuhi syarat sebagai berikut :
  • Mampu untuk melakukan tindakan hukum
  • Menerima landasan idiil, azas dan sendi dasar koperasi
  • Sanggup dan bersedia melakukan kewajiban-kewajiban dan hak sebagai anggota, sebagaimana tercantum dalam UU No. 12  Thn 1967, anggaran dasar dan anggaran RT serta peraturan koperasi lainnya.

Daerah kerja Koperasi Primer terbatas pada satu lingkungan tempat tinggal. Misalnya : pedesaan, perkantoran,pabrik,kampus,sekolah dan lain-lain.

  1. Koperasi Pusat, Gabungan dan Induk

1)      Sekurang-kurangnya 5 koperasi Primer yg telah berbadan hukum dapat membentuk suatu pusat koperasi. Dalam satu kesatuan perjuangan efisiensi akan dapat lebih terjamin, wilayah kerjanya Kabupaten.

2)      Sekurang-kurangnya 3 Pusat Koperasi yang telah berbadan hukum dapat membentuk Gabungan Koperasi,wilayah kerjanya Propinsi.

3)      Sekurang-kurangnya 3 Gabungan Koperasi yang telah berbadan hukum dapat membentuk Induk Koperasi, wilayah kerjanya seluruh Indonesia/Negara.

Struktur Intern dan Ekstern Organisasi Koperasi

Untuk memperlancar tugas-tugas operasional koperasi maka harus terdapat alat perlengkapan koperasi yang khas sesuai dengan kebutuhan, yaitu :

  1. Rapat Anggota
  2. Pengurus Koperasi
  3. Badan Pemeriksa
  4. Dewan Penasihat
  5. Staf Pegawai Koperasi

Organisasi Extern adalah diatas kelima elemen diatas yaitu ada UU Kop.No 12/1967 PP dan lain2 yang mengikutinya,  serta DEP.KOP dan Aparat bawahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s